Saturday, December 22, 2018

Liburan Kaku

Setiap manusia pasti saja memiliki masalah. Gak melulu orang dewasa, bahkan anak remaja, kakek2, nenek2, sampe anak kecil pun memiliki masalahnya tersendiri. Gue pribadi memiliki masalah pada mental. yg dimana setiap kali gue gak ada kegiatan/menganggur, mental gue cukup terganggu. bawaannya pun males, capek, pusing, dan penyakit2 hati lainnya,

Ah. Maybe itu hanya keluh kesah gue aja. selama liburan kampus, gue stuck di rumah. Ya, sejak semester 3 gue udh gak mengajar lagi. mau cari tempat mengajar tapi bingung dimana. ada tempat, tapi gue belum action menghubungi lokasinya. insyaallah gue bersabar dulu nih,  setelah kondisi badan enak an, gue pengen hubungi tempat ngajar tersebut, ya walaupun gue hanya seorang volunteer, gak masalah bagi gue.

semangat aja ah! gapapa sendirian juga, kan ada allah! :)

Tuesday, October 30, 2018

TRIK JITU MEMBACA APAPUN TANPA MENGANTUK!

Assalamualaikum Wr Wb.

Baiklah, pasti sebagian besar orang heran, kenapa ya membaca buku/koran/jurnal suka ngantuk, cepet bosen, tapi kalo udh engga baca lagi, ngantuknya ilang. wkwk.
Sama bro, gue juga sering begitu.

Sebenernya, wajar saja pada saat membaca, mata kita mengantuk, karena hampir setiap bacaan dalam buku itu memiliki latar belakang putih yg membuat iris mata mengecil, dan latar belakang hitam yg membuat iris mata melebar. sehingga si iris mata ini bingung, mau mengecil atau melebar sehingga mengakibatkan mata menjadi kelelahan lalu ngantuk deh.

Nah, ini dia, ada cara nya supaya ketika membaca, lu gak ngantuk, setidaknya ngantuk lu berkurang dah.

Pertama, Membaca di Luar.

Yaaa. Cobain membaca di luar ruangan. Misalkan lu mau baca buku pelajaran kampus/sekolah lu, cobain aja di taman. Karena, selain udara nya segar, sinar matahari mampu menerangi bacaan lu dengan baik, yg membuat otak lu akan lebih fokus, serta tidak mengantuks, brow.

Lalu, Membaca dengan badan tegak.

Yaa, gue juga baru tau dan baru paham, ternyata berdiri tegak mampu mengurangi rasa kantuk ketika membaca. Kenapa? yaa karena ketika lu tegak, posisi badan lu otomatis gak rileks don. Itu yg membuat otak kita tidak merangsang untuk beristirahat. so, exit from zone of relax huhauhauha.

Terus, Niat Membaca.

Yaa, sebelum lu membaca, coba pastikan niat dulu apa yg ingin lo dapatkan dari membaca, misalkan, lu mau baca buku biografi seseorang, buat diri lu penasaran, siapa sih orang itu. gitu.  sehingga lu ingin membaca buku tersebut. dan ngantuk lu akan berkurang. atau justru lu akan terlena dengan bacaannya. hahaha (jangan dilakukan ketika sedang bekerja ya, apalagi kerja lu jadi satpam Bank Dunia. krik)

Kemudian, Istirahat.

Gausah egois. Jangan memaksakan diri anda untuk membaca lebih dari sekian jam demi memecahkan rekor menghabiskan satu buku novel harry potter berjumlah 500 an halaman. Step by step aja brow. istirahat sejenak. setidaknya take a rest for 15 minutes lah untuk decrease ngantuk lu. abis itu, lanjut lagi lu baca dah. pasti masuk ilmunya, pasti paham.

The last. Cemilan..

wkwk. pernah gak kalian ngerasain membaca sambil makan cemilan malah bikin gak ngantuk? karena, ada aktivitas yg kita lakuin selain membaca buku tersebut, yg membuat otot mata dan otot rahang kita bekerja, sehingga membaca pun terasa lebih fokus dan lebih mantep brow.

Okay,
Kesimpulannya, lahirkan minat membaca mu guys. Karena orang-orang besar terlahir dari orang-orang yg suka baca buku. Gak nyesel deh kalo lu baca. tapi pastikan, jangan ngantuk2 lagi ya. kan udah tau tekniknye.

huahahah. oke.

Wassalamualaikum Wr Wb

Monday, August 27, 2018

Rangkuman Otak Ideal, Makin Berumur Makin Ideal (TERBARU AGUSTUS 2018)

Mari Merancang Otak Ideal.
otak akan terus berkembang meski jumlah sel otak semakin berkurang. Dengan demikian, otak kita sebenarnya masih dapat dikembangkan hingga kita tutup usia.

Otak Berkembang Sempurna Pada Usia 20-40 an

Why otak mulai berkembang pada usia 20-40 an? karena sebelum umur 20 an, otak tertentu kita yg hanya digunakan secara aktif selama menajalani kehidupan bersekolah.

Sunday, August 26, 2018

Terjemahan Lirik Lagu Lesson In Love - Level 42 (Terbaru 2018)

Jujur gue gak nyangka dengan beberapa situs penyedia terjemahan Old West Song. Dan bisa gue pastikan dia hanya translate secara awam by Google Translate. Ini lagu kesukaan gue, tapi kenapa artinya kaga nyambung. Di sisi lain gue juga sedang belajar berbahasa inggris yg baik dan benar. kalo cuma sekedar translate di google tanpa lu koreksi lagi, berarti dia kurang fokus.

Tidak bisa dipercaya dan Sangat Disayangkan. Huft.

Finally gue memutuskan untuk translate sendiri. maaf ya kalo tulisannya kurang rapi dan ada beberapa kata-kata yg mungkin tidak sesuai. gue juga sedang belajar tapi gue pribadi tidak mengartikan secara perkata.

oke langsung saja.

Terjemahan Lirik Lagu One Of These Days - Tom Grant

Assalamualaikum Wr Wb.
Morning semua.
Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan berkat ya.

Yak.
Gue kali ini mau terjemahin Old Song favorit, yg berjudul One of These Days by Tom Grant. Beliau merupakan seorang musisi smooth jazz handal, mampu bermain gitar, piano dan drum. Gue suka beliau karena ayah gue sering play di rumah, sometimes ayah gue melantukan piano dengan lagu Tom Grant. Seketika gue langsung jatuh cinta dengan dia.

oke langsung saja.

Sunday, June 3, 2018

MAKANAN BUKA PUASA (TERBARU JUNI 2018)

Assalamualaikum Wr Wb.
Selamat Pagi/Siang/Malam Ya Aki Ya Busi.
Bonjour.
How R U?
Semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi yg menjalankannya.
Hari ini gw ingin sedikit bercerita, mengenai kejadian sehari-hari gw yg bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Dan Alhamdulillah hari ini adalah hari ke 18 di Bulan penuh berkah ini. Gak kerasa. actually gw juga khawatir, baru tahun ini gw menjalankan ibadah Puasa yg benar-benar gak kerasa. 17 hari yg lalu serasa 17 menit yg lalu.

serius.

Mengenai Bulan Ramadhan, pasti identik dengan yg manis-manis ya. walaupun sebenernya gw gak suka manis (karena gue udah manis)

berikut adalah makanan awal buka puasa selama bulan ramadhan yg recommended versi gue :

Sunday, May 27, 2018

Nasehat Tingkat Tinggi Cak Nun (TERBARU JUNI 2018)

Selamat Pagi Para Pencari Kebaikan.
Apa kabar?
Semoga semua baik dan dalam keadaan mendekatkan diri kepada illahi ya robbi.
Bertepatan dengan Bulan Ramadhan juga, semoga Puasa nya dilancarkan bagi yg menjalankan nya.

kali ini gw ingin share nasihat-nasihat super tinggi dari seorang Kyai yg gak mau disebut kyai, ulama yg tidak mau disebut ulama, maunya hanya disebut Budayawan dan Sastrawan.

yup. Mbah Nun or Cak Nun.


Emha Ainun Nadjib yang akrab dipanggil Cak Nun adalah seorang seniman, budayawan, intelektual muslim, dan juga penulis asal Jombang, Jawa timur. Ia merangkum dan memadukan dinamika kesenian, agama, pendidikan politik dan sinergi ekonomi. Cak Nun lahir di Djombang, Jawa Timur, 27 Mei 1953. Ia merupakan anak keempat dari 15 bersaudara. Pendidikan formalnya hanya berakhir di Semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelumnya dia pernah ‘diusir’ dari Pondok Modern Gontor Ponorogo karena melakukan ‘demo’ melawan pemerintah pada pertengahan tahun ketiga studinya, kemudian pindah ke Yogya dan tamat SMA Muhammadiyah I. Istrinya yang sekarang, Novia Kolopaking, dikenal sebagai seniman film, panggung, serta penyanyi.

Berikut Nasehat Tingkat Tinggi beliau :

 KEBENARAN
Sampailah kita pada suatu keadaan sejarah dimana orang benar bermusuhan dengan orang benar. Orang mempertahankan kebenarannnya berbenturan dengan orang yang juga mempertahankan kebenarannya. Orang ini bisa kelompok, bisa Parpol, front, bisa apa pun. Pertentangan antara orang yang sama-sama yakin terhadap kebenarannya ini khan harus kita cari, kenapa kebenaran bisa mempertengkarkan manusia?
Saya melihat semua yang terjadi di Indonesia ini akhirnya menemukan, mungkin saya salah, tapi kebenaran tidak untuk dibawa keluar dari diri kita. Begitu kita keluar dari diri , yang kita bawa bukan kebenaran. Yang kita bawa adalah kebaikan, keindahan, kemuliaan, upaya-upaya untuk supaya nyaman satu sama lain (kita dengan semua orang di sekitar kita), kebijaksanaan, kearifan.
.
Jadi bukan kebenaran yg kita bawa keluar. Ibarat sebuah warung, kebenaran itu letaknya di dapur warung itu. Sekarang ini dapur-dapur warung itu dijadikan display utama. Dan masing-masing merasa benar.
.
Kita tidak akan pernah bisa selesai dengan pertengkaran, permusuhan, kebencian, dendam dan seterusnya, kalau kita saling menyombongkan kebenaran kita masing-masing.

Teori universalnya kebenaran itu ada 3 : benarnya diri sendiri, benarnya orang banyak dan benar yang sejati. Benarnya sendiri, kebenaran subyektif masing-masing orang atau kelompok. Benarnya orang banyak, ini kita elaborasi, kita cari, sampai akhirnya menemukan demokrasi, kesepakatan nasional, dan seterusnya. Tapi benarnya orang banyak tidak sama dengan benar yang sejati. Benar yang sejati ini sesuatu yang bersifat cakrawala yang harus kita tempuh berjalan ke sana terus-menerus yang mungkin ada hubungannya dengan Allah.